Tips Mengantisipasi Masalah Akibat Harddisk Komputer Yang Rusak

Tutorial dan panduan seo dasar bagi pemula kali ini bukan membahas tentang search engine optimization atau adsense,seperti artikel saya kemarin yang menulis tentang mitos dan fakta tentang seo,tetapi lebih bersifat umum yaitu masalah yang sewaktu-waktu dapat terjadi pada kita yang memiliki komputer.
Bukan hal yang asing lagi kalau komputer sudah menjadi bagian dari aktifitas keseharian kita di jaman yang modern ini.Segala hal menjadi lebih mudah sejak komputer diciptakan,dan dengan adanya komputer…segala pekerjaan kita juga menjadi sangat terbantu.
Tetapi bagaimana jika tiba-tiba saja komputer yang kita pakai selama ini kemudian mengalami kerusakan??.
Kejadian ini saya alami sendiri kemarin,yaitu tiba-tiba saja komputer saya mengalami kerusakan akibat stavolt yang biasanya digunakan sebagai regulator untuk mengatur tegangan yang masuk ke komputer menjadi stabil tiba-tiba saja terbakar.
Akibatnya tentu sangat berbahaya….,selain bisa menyebabkan timbulnya bahaya kebakaran…juga bisa menyebabkan beberapa komponen komputer ikut mengalami kerusakan.Dan yang paling parah adalah data-data atau file penting yang kita punya selama ini didalam harddisk menjadi rusak atau corrupt sehingga mau atau tidak mau kita harus menginstall ulang komputer kita agar bisa dipakai kembali seperti sedia kala.
Bagi anda yang membaca tulisan saya ini,setidaknya kejadian yang saya alami dapat menjadi pembelajaran agar jika suatu saat jika terjadi kemungkinan terburuk pada komputer kita…kita sudah mempunyai persiapan untuk menyelamatkan file-file penting di komputer kita.
Kejadian yang saya alami yaitu harddisk yang tidak terbaca lagi atau corrupt sehingga ketika kita menyalakan komputer…,maka komputer tidak dapat menemukan file instalasi windows kita sendiri.Akibatnya…komputer langsung restart sendiri atau bahkan mati total.Sedang jumlah file penting yang ada di harddisk saya cukup banyak,dan tentunya kita tidak mau kehilangan file itu.
Disamping itu kerugian yang diakibatkan cukup komplek apabila anda tidak mempunyai file backup atau cadangan yang merupakan salinan dari data penting tersebut.Apalagi jika anda suka menyimpan username dan password website tertentu didalam browser anda atau bahkan antivirus komputer anda (saya memakai Norton Internet Security).Sedang satu-satunya jalan yaitu anda harus memformat dan menginstall ulang komputer anda,yang bisa mengakibatkan semua data atau file yang ada di komputer anda lenyap.
Sebagai persiapan jika sewaktu-waktu hal itu terjadi,berikut ini saya berikan tips-tips untuk mengantisipasi masalah akibat komputer yang rusak :
1. Belilah hard disk yang khusus diguanakan untuk menyimpan salinan file atau data-data penting anda.
- Jika anda tidak mempunyai harddisk cadangan,anda bisa menggunakan flashdisk atau juga cd/dvd untuk menyimpan file penting anda itu.
2. Lakukan backup file atau data secara berkala
Anda dapat melakukan backup secaraberkala,misalnya 1 bulan sekali atau 2-3 minggu sekali.Untuk data yang sangat penting semisal file kerja kita atau installer software tertentu….kita dapat langsung melakukan backup dengan menyimpannya di flashdisk atau bisa juga mem-burn di cd/dvd blank
3. Buat 1 file melalui notepad yang berisi semua data username + pasword login website yang sering anda buka atau kunjungi.
Selain itu,anda dapat menggunakan situs yang menyediakan fasilitas ini.Semisal saya, mempunyai 4 cadangan data-data penting itu yaitu:
- 1 notepad (di copy di beberapa drive dan juga flashdisk)
- 2 addon sync browser firefox yaitu Xmarks dan Firefox sync
-1 bookmark data online yang ada pada fasilitas antivirus Norton Internet Security (beberapa antivirus lain juga memiliki fasilitas ini)
Jadi 3 tips diatas sudah dapat menyelamatkan file atau data penting yang ada di komputer kita akibat mengalami kerusakan harddisk.
Jika anda sudah mempersiapkan seperti tips saya diatas,InsyaAllah jika terjadi kerusakan pada harddisk komputer anda….anda tidak khawatir lagi ketika harus melakukan instalasi ulang:)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar